Minggu, 13 Oktober 2013

Minat dan Bakat ?

            


          Hai kawan.. kali ini gue akan memposting hal-hal yang simple aja. Karena gue perhatiin dari beberapa waktu yang lalu, gue selalu mem-posting hal-hal yang sedikit serius. Lama-lama jadi kayak gimana gitu , hehehe. Oke sekarang kita membahas yang santai-santai saja dulu. Lebih tepatnya kali ini gue akan sedikit curhat. (engieng)

            Jadi begini kawan, beberapa hari yang lalu ada temen gue yang ngomong ke gue, lebih tepatnya nanya sih, kira-kira seperti ini :

“Eh fan, kamu enak ya bisa segala macem pelajaran. Hitung-hitungan, hafalan, olahraga, musik. Gimana sih cara nya bisa di semua bidang itu ?”

Gue yang mendapat pertanyaan semacam itu tentu saja diem. Ini pertama kali nya ada yang ngomong kayak gitu, karena sebelumnya gue sendiri bingung sebenernya bakat minat gue tuh dimana, eh tiba-tiba ada yang berkomentar seperti itu. Di lain sisi gue seneng, ternyata ada orang lain yang bisa melihat bakat gue tapi gue juga bingung karena belum nemuin yang pasti.

Oke, menjawab pertanyaan dari temen gue tadi gue cuma bisa jawab 1 kata. “Entahlah” . Ya, mau jawab apa lagi coba, orang yang di tanya juga bingung. Hehehe. Yang pasti sih kalo gue dihadapin sama persoalan semacam pelajaran kayak gitu, gue bakal berjuang dan fokus untuk menguasai pelajaran yang gue hadapin. Selalu begitu. Dampak negatifnya adalah, gue gak pernah bisa fokus dengan hal yang lain di luar yang lagi gue perdalam. Contohnya gini dulu gue di SMP suka banget sama IPS atau Ilmu Sosial, setiap ada mapel IPS dengan semangat gue ngikutin itu pelajaran sampe selalu pengen maju ke depan kelas kalo ada pertanyaan atau apa. Tapi di lain sisi gue jadi gak fokus sama mapel yang lainnya kayak Matematika. Dan hasilnya sudah diketahui, nilai di antara kedua nya jomplang sekali, sampai dulu punya niatan masuk ke IPS aja.


Terus jeleknya gue lagi adalah, gue gak pernah bisa fokus di 1 bidang. Contohnya lagi, dulu pas TK gue hobi banget tradisional dance sampai mau di masukin sanggar tapi gak jadi karena gue udah keburu suka sama hal lain yaitu musik. Sampai SD pertengahan gue mulai suka latihan musik khususnya keyboard tapi secara otodidak, di ajarin temen atau engga beli buku musik. Di ujung-ujung SD gue mulai kepikiran pengen jadi atlit. Kenapa ? karena dulu gue suka diikutin lomba olahraga dan pencak silat. Mulai saat itu gue suka olahraga. Terus pernah juga mendalami menulis, mulai dari cerpen-cepen sampai nulis cerita bersambung dan punya niatan nulis novel. Begitu terus berubah-ubah sampai sekarang. Dan hal itu yang membuat gue bingung, sebenernya minat dan bakat gue itu dimana. Karena dari awalnya gak pernah fokus.

Oh iya, asal kalian tau. Gue itu paling gak merasa confident di pelajaran bahasa. Khususnya bahasa asing. Beneran deh, bahasa inggris dkk itu selalu gak berhasil gue kuasain. Sekedar bisa, tapi gak menguasai. Kalo mau berhasil di satu bidang, lu bener-bener harus nguasain dan merasa comfort di situ. Dan buat bahasa ini, mungkin bukan comfort zone  gue. Tapi ko gue suka nulis, bikin cerita, bikin puisi dan sebangsanya ? bukannya itu masuk ke bahasa atau sastra juga ?

Oke buat yang ini ada cerita lain. Kenapa gue suka nulis ? itu karena udah hobi gue dari SD yang seperti gue ceritain. Kenapa gue suka bikin puisi ? itu juga baru di pertengahan SMA ini setelah gue bertemu dengan orang-orang yang bisa gue jadikan guru dan contoh untuk lebih ngembangin kemampuan sastra gue. Tidak lain dan tidak bukan adalah guru dan temen-temen gue sendiri. Di tambah sejak SMA ini gue udah mulai baca novel atau buku yang lebih tinggi lagi, dengan bahasa-bahasa yang lebih sastra. Bukan lagi novel cinta-cintaan remaja yang sepele. Itulah yang membuat gue selalu mendapat inspirasai untuk apa yang gue tulis.

Sebenernya tujuan gue curhat ini apaan ya ? tuh kan yang nulis aja bingung. pokoknya intinya adalah gue bukannya bisa nguasain semua pelajaran atau semua bidang, melainkan adalah gue cuma berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik dari apa yang gue lakuin. Mau itu hitung-hitungan seperti MTK, Kimia, Fisika atau hafalan seperti Biologi, Sejarah, PKN ataupun yang memerlukan kemampuan lain seperti Seni Lukis , Musik dan Olahraga. Gue hanya berusaha memberika kemampuan sepenuhnya di semua pelajaran itu. Mungkin itu yang ngebuat ‘beberapa’ orang menilai gue bisa megang beberapa bidang padahal di semua itu belum ada yang mencapai maksimal. Doakan saja semoga gue bisa dengan segera menemukan minat serta bakat gue di antara pilihan-pilihan yang ada jadi gue bisa semakin fokus di satu tujuan. Aamiin

Sekian curhat-curhatan gue, semoga ada yang bermanfaat dari ocehan panjang gue kali ini. Daripada gue di timpukin karena menulis lebih panjang lagi, gue cukupin aja ya. Hehehe. BYE BYE !

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design Downloaded from Free Blogger Templates | Free Website Templates